Breaking News

SEKILAS CERITA PERJALANAN KAMI MENUJU LOKASI PENGUNGSIAN KORBAN LONGSOR BANJARNEGARA


Bismillahirrohmaanirrahiim

    Alhamdulillah atas izin Allah dan pertolonganNya, pada hari Kamis tanggal 18 Desember 201kami dari TIM PEDULI BENCANA LONGSOR BANJARNEGARA Ponpes Utsman bin Affan Rawajaya telah melaksanakan kunjungan langsung ke lokasi pengungsian korban bencana longsor Banjarnegara (dusun Jemblung, Desa Sampang, Kec. Karangkobar)
   Kami berangkat dari Ponpes Utsman bin Affan + pada pukul 03.30 pagi WIB. Kami berangkat dengan menggunakan mobil APV milik salah seorang ikhwan kita Al Akh Mundari. Kami berangkat 'bersembilan' termasuk dengan pemilik mobil yaitu : Akh Mundari dan adiknya mas Ikhwanudin, Ustadz Abu Bakar, Ustadz Abu Zulfa, Pak Iwan, Akh Abu Sulaiman, Akh Abdul Majid, Akh Hanif, dan saya sendiri Abu Abdillah.
   Sebelum kami menuju lokasi, + pada pukul 09.00 WIB kami berkesempatan untuk mampir bersilaturahmi dulu ke rumah orang tua Ustadz Abu Bakar -hafidzahullah- di Wanayasa, sekaligus mengunjungi sekitar 20 pengungsi korban longsor yang kebetulan mereka mengungsi dekat dengan rumah orang tua Ustadz Abu Bakar hafidzahullah. Pada kesempatan ini Al Ustadz Abu Zulfa
berkenan untuk memberikan tausiyah sekitar + 15 menit sekaligus kami berikan santunan untuk mereka sebesar Rp. 750.000,-. Selesai acara kunjungan pertama ini, kami berpamitan dengan mereka dan juga berpamitan dengan orang tua/keluarga Al Ustadz Abu Bakar hafidzahullah untuk kembali melanjutkan perjalanan.
    Kemudian target kami selanjutnya adalah berkunjung ke Posko Muhammadiyah tepatnya di MTs Muhammadiyah Kec. Karangkobar. Kami berangkat +  pada pukul 10.00 WIB.  Di Posko ini kami menitipkan dana bantuan untuk korban longsor sebesar Rp. 1.000.000,- dan juga menyerahkan 6 paket pakaian pantas pakai dan sabun, dan 3 dus mie instan untuk disalurkan kepada korban longsor. 
Selesai kunjungan ke Posko Muhammadiyah, perjalanan kami lanjutkan menuju titik pengungsian di Posko Kecamatan Karangkobar dengan jumlah pengungsi sekitar + 120 orang (namun yang kami temui hanya ada sekitar + 50 orang (dewasa dan anak-anak), yang lainnya sedang ada keperluan keluar). Pada kesempatan ini Al Ustadz Abu Bakar hafidzahullah berkenan memberikan tausiyah + 20 menit kepada para pengungsi sekaligus menghibur mereka dengan bagi-bagi buah jeruk, bagi-bagi hadiah kuis tanya jawab dengan anak-anak, dan ditutup dengan memberikan santunan untuk mereka sebesar Rp. 1.250.000,-.
    Seusai berpamitan dengan para pengungsi di Posko Kecamatan, perjalanan kami lanjutkan di titik terakhir, yaitu posko inti dekat lokasi longsor. Di posko ini kami menemui banyak di antara mereka yang kehilangan anggota keluarganya akibat tertimbun longsor. Di posko inilah perhatian dipusatkan dari berbagai kalangan untuk memberikan trauma healing kepada para korban longsor. Kesempatan ini juga tidak disia-siakan Al Ustadz Abu bakar dan Al Ustadz Abu Zulfa hafidzahumallah untuk mengisi tausiyah dan menghibur mereka agar tabah, kuat dan sabar menghadapi cobaan ini. Di Posko terakhir yang kami kunjungi ini, kami memberikan santunan bantuan (amanah dari kaum muslimin) kepada para korban longsor sebesar Rp. 2.100.000,-.
   Walhamdulillah dengan kunjungan yang singkat ini, mereka merasa terhibur, dan mendapat kepedulian dari saudara-saudaranya di luar daerah. Semoga mereka diberikan ketabahan, kekuatan hati dan kesabaran atas cobaan yang menimpa mereka dan semoga keluarga yang telah mendahului mereka mendapatkan ampunan dari Allah subhanahu wata’ala, semoga kehidupan selanjutnya mereka para korban yang masih hidup dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala. aamiin
    Setelah cukup lama berkunjung dengan para korban longsor di posko terakhir ini, kami berpamitan dan melanjutkan perjalanan pulang. Alhamdulillah dengan pertolongan Allah, sekitar pukul 23.00 WIB kami tiba di Ponpes Utsman bin Affan dengan selamat.  


Rawajaya, 18 Desember 2014

Abu Abdillah

Tidak ada komentar